Articlesbreadcrumb
ASO Meditap, Transformasi Klaim Bagi Perusahaan: Memberikan Dampak Pada Hasil yang Tepat!
ASO Meditap, Transformasi Klaim Bagi Perusahaan: Memberikan Dampak Pada Hasil yang Tepat!
Article
ASO Meditap, Transformasi Klaim Bagi Perusahaan: Memberikan Dampak Pada Hasil yang Tepat!

Bukan hanya kenaikan gaji saja yang patut menjadi perhatian utama Anda sebagai karyawan. Peningkatan jumlah pendapatan tanpa perlindungan tentu tidak ada artinya. Biaya pengobatan akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Berdasarkan data survei Willis Towers Watson, pada tahun 2022, pertumbuhan biaya manfaat layanan kesehatan di Indonesia meningkat lebih dari 8% per tahun.

Kesehatan karyawan merupakan hal yang tidak bisa luput dari perhatian perusahaan, karena produktivitas karyawan tentunya sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.

 

Administrative Service Only (ASO)

Dalam dunia tunjangan karyawan, model pendanaan Administrative Service Only (ASO) telah mendapatkan daya tarik. Ini adalah alternatif dari program tunjangan karyawan yang diasuransikan secara tradisional, dan bagi beberapa perusahaan, ini adalah program yang tepat!

Administrative Service Only atau yang disingkat ASO, merupakan solusi dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi karyawan, dengan biaya dan manfaat per peserta yang dapat disesuaikan berdasarkan anggaran perusahaan.

Pagi hari di sebuah Rumah Sakit di Jakarta. Seorang pria paruh baya, setelah gilirannya, mendekati meja pendaftaran. “Saya mau berobat ke dokter spesialis penyakit dalam, pak,” ucap pria tersebut sambil menunjukkan gambar kartu digital (e-card) dari handphone miliknya. Petugas administrasi tersebut seperti memahami maksudnya. Petugas tersebut segera memasukkan nomor e-card ke dalam sistem komputernya, dan dalam hitungan detik permohonan penjaminan pengobatan pria tersebut disetujui. "Silakan menuju ke Ruang Melati, dokter sudah menunggu di dalam," ucap petugas administrasi tersebut.

Sekitar satu jam kemudian, pria itu sudah duduk kembali di depan kasir. Sama seperti sebelumnya, ia juga menunjukkan kartu digitalnya (e-card). Kemudian petugas kasir memasukkan diagnosa dan biaya pengobatan, lalu mencetak struk pengobatan tersebut. "Terima kasih, semoga Anda lekas sembuh," kata petugas kasir, dan pria itu bergegas meninggalkan tempat itu.

Secara sederhana, itulah alur pengobatan rawat jalan berbasis kartu digital, yang saat ini dinikmati oleh peserta Meditap. Verifikasi rawat jalan yang hanya membutuhkan beberapa detik, membuat layanan lebih cepat dan mudah. Meditap memiliki jaringan luas yang didukung sistem dan teknologi, sehingga memungkinkan pengelolaan klaim dan proses administrasi menjadi otomatis.

Picture 2.jpg

Dalam ASO, Meditap melakukan administrasi kepesertaan secara digital. Pencatatan manfaat asuransi kesehatan anggota sesuai polis masing-masing; memodifikasi manfaat asuransi kesehatan―termasuk manfaat rawat inap, rawat jalan, gigi, persalinan, hingga kacamata; juga, mengumpulkan dan mengurus data anggota―termasuk manfaat kebijakan, penambahan dan pengecualian.

Dalam penerapan ASO, perusahaan akan dibantu oleh tim Meditap yang berlatar belakang profesional medis untuk meminimalisir kecurangan dalam indikasi medis, serta memastikan kesesuaian antara tagihan klaim, tarif pengobatan dan pengobatan medis yang diambil oleh rumah sakit atau penyedia layanan kesehatan.

Selanjutnya, MediLytics yang dapat diakses oleh perusahaan memungkinkan Anda untuk memantau data klaim, data limit, top diagnosis, dan mengontrol dana deposit. Data-data tersebut sangat berguna untuk pengambilan keputusan dan strategi perusahaan di masa depan.

Informasi lebih lanjut terkait layanan Administrative Service Only/ASO Meditap dapat menghubungi kami di 150998 ext.2 atau melalui email businesspartnership@meditap.id.

Topik yang Direkomendasikan
Artikel Terbaru